02 April 2016

Pernah Dengar Kata 'Geblek'?

yogyakarta.panduwisata.id
Putih : Geblek || Coklat: Tempe Sengek


Geblek : /gəblek/
Sengek : /səŋek/


     Apakah anda pernah mendengar kata 'Geblek'? Untuk warga Daerah Istimewa Yogyakarta sendiri khususnya yang tinggal di wilayah Kabupaten kulon Progo, kata geblek ini sudah tidak asing lagi bagi mereka. Jika mereka mendengar kata tersebut pikiran mereka langsung merujuk pada dua hal. 

Yang pertama merujuk pada makanan.
    Geblek adalah makanan khas dari Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Makanan ini biasa dijual di pasar tradisional baik dalam bentuk mentah ataupun matang. Selain itu banyak juga beberapa warung - warung kecil dipinggir jalan yang menjualnya dalam bentuk matang. Bahan dasar dari makanan ini adalah tepung kanji ataupun sari pati singkong. Pati tersebut kemudian diolah lalu dibentuk bulatan - bulatan seperti angka delapan, ataupun bulatan bersusun tiga seperti pada gambar. 

     Cara memasak geblek tidaklah rumit. Cukup goreng dengan minyak sedang terlebih dahulu untuk beberapa menit. Kemudian dipindahkan dan di goreng lagi pada wajan yang lebih besar dengan minyak panas.
     Di Kulon Progo sendiri biasanya Geblek dimakan bersama Sengek. Sengek sendiri terbuat dari tempe kedelai ataupun tempe kara. Namun pada umumnya menggunakan tempe kara. Hanya saja beberapa orang juga menggunakan tempe kedelai.

       Tidak hanya merujuk pada makanan. Kata geblek ini bisa juga merujuk pada nama batik. Kulon Progo sendiri memiliki batik yang khas bernama geblek renteng. Batik ini terbilang masih relatif baru. Karena baru beberapa tahun ini Kulon Progo memiliki batik sendiri. 

      Sebagian warga sering menyebut nama batik tersebut secara tidak lengkap, hanya kata depannya saja yaitu 'Geblek'. Jadi jika anda berkunjung ke kawasan Kulon Progo, kemudian mendengar ada anak sekolah yang sedang berbicara dengan temannya dan mengatakan "Besok kita pakai geblek ya?" jangan sampai bingung, karena geblek yang dimaksud adalah seragam. 
      
      Nah, jika anda penasaran seperti apa motif dari batik Geblek renteng, berikut ini adalah gambar sampel motif dari batik tersebut.


seni, batik, kulon progo, menarik, warna
harianjogja.com
      Kini batik 'Geblek renteng' sendiri dipakai sebagai salah satu seragam sekolah disemua jenjang. Mulai dari SD hingga SMA. Secara umum motif yang digunakan sama. Hanya saja warna batiknya yang  berbeda. Untuk anak SD batik yang digunakan berwarna merah. Siswa SMP menggunakan batik yang berwarna biru tua. Sedangkan anak SMA menggunakan batik berwarna biru muda. Selain itu juga ada warna khusus yang digunakan sekolah - sekolah swasta. Misalnya sekolah swasta Muhamadiyah menggunakan warna hijau muda.





Baca Juga :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Feel free to leave your comments!