20 Maret 2016

Alasan Mengapa Belajar Bahasa Baru itu Menguntungkan

       Banyak orang yang mungkin enggan mempelajari bahasa baru karena berbagai alasan. Entah mereka merasa terlalu tua, entah belajar bahasa baru itu sulit, dan sebagainya. Padahal banyak keuntungan yang di dapat ketika mempelajari ataupun menguasai bahasa baru, diantaranya seperti berikut ini:



a. Paham banyak budaya

      Ketika belajar bahasa baru biasanya kita tidak hanya belajar mengenai grammar, ataupun pronunciation dari bahasa tersebut, tapi juga budaya dari orang-orang penutur asli dari bahasa tersebut. Jadi kita tidak hanya paham akan bahasanya saja melainkan juga budaya yang di bawa oleh bahasa tersebut. Sehingga kita bisa menyesuaikan diri dalam bersikap dan bergaul dengan masyarakat ketika berada di tempat bahasa itu berasal.


b. Memperluas pergaulan


tinyurl.com/htt7nr9

     Memperluas pergaulan? Kok bisa? Iya, karena dengan mempelajari bahasa baru bahkan menguasai bahasa tersebut, kita tentunya lebih mudah berkomunikasi dengan orang lain yang tinggal di mana bahasa yang kita pelajari tersebut digunakan. Selain itu kita bisa mengajari orang - orang yang tertarik belajar bahasa yang kita pelajari. Dengan begitu kita akan kenal dengan banyak orang, mendapatkan teman baru dan tentunya pergaulan kita juga semakin luas.




c. Cara berpikir kita akan berkembang

        Dengan mempelajari bahkan menguasai bahasa baru, tanpa kita sadari tentunya cara berfikir kita berkembang. Kita akan lebih berhati - hati dan bijaksana. Sadar atau tidak kita akan menggunakan beberapa sudut pandang saat mengambil keputusan. Mengingat dengan mempelajari bahasa baru kita akan mendapatkan budaya baru dalam otak kita tentu kita akan menggunakan setidaknya dua sudut pandang. Sudut pandang yang pertama berasal dari bahasa pertama yang kita kuasai, yang kedua sudut pandang dari bahasa yang dipelajari.

Related article: Alasan Orang Tidak Sukses Belajar Bahasa Inggris




d. Mendapatkan pengalaman baru 

      Tentunya akan banyak pengalaman baru dalam proses kita mempelajari bahasa. Mulai dari lika - liku atau kesulitan dalam menguasai materi dari bahasa itu sendiri, ataupun kesalahan - kesalahan yang dibuat ketika berlatih berbicara.  Memang ketika melakukan kesalahan kita bisa saja merasa malu. Namun dari kesalahan itulah yang justru bisa memicu semangat kita untuk belajar dengan keras dan lebih hati - hati sehingga meminimalisir kesalahan yang akan dilakukan.


e. Memperoleh ilmu baru


pustakainformatika.com
      Banyak ilmu baru yang akan kita peroleh dari mempelajari bahasa baru. Tidak hanya ilmu mengenai grammar bahasa itu sendiri, melainkan juga ilmu di bidang yang lain yang bisa kita explore menggunakan bahasa tersebut. dengan menguasai bahasa baru pasti kita akan mendapat ilmu - ilmu baru yang tidak pernah kita dapatkan sebelumnya di bahasa pertama kita.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Feel free to leave your comments!