08 Maret 2016

Hal-hal Seputar Plagiarism Yang Mungkin Belum Anda Ketahui




       Baiklah, mari kita bahas mengenai 'PLAGIARISM'! Kita semua pastinya tahu apa itu plagiarism. Mungkin juga secara tidak sengaja ataupun sengaja kita bisa saja pernah melakukan apa yang disebut Plagiarism. Jika kita tidak sengaja melakukan plagiarism penyebab yang mungkin adalah di bagian references kita lupa mencantumkan sumber materi yang kita tulis. Namun jika kita sengaja melakukan plagiarism, kemungkinan beberapa penyebabnya adalah sebagai berikut:
- Mereka tidak sepenuhnya tahu mengenai hal - hal yang membuat 
  dirinya dikatakan melakukan plagiarism.
- Tingkat kepercayaan diri akan kemampuan diri sendiri rendah.
- Malas berusaha dan malas berfikir.
- Tidak menghargai karya orang lain.


Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk menghindari plagiarism. Cara - cara tersebut adalah:

1. Membuat Notes


Artikel berkaitan :Cara Efektif Membuat Catatan
        Ketika membuat notes berupa poin - poin singkat dengan cara yang benar mengenai hal - hal yang penting akan suatu teori atau hal lainnya yang diperoleh dari buku, kita akan berada di posisi yang aman dan terhindar dari plagiarism. Kok bisa?? Karena ketika kita menuangkan poin - poin tersebut dalam sebuah tulisan, tentunya kita akan menyusun kata - kata sesuai pemahaman kita mengenai poin - poin tersebut. Jadi kemungkinannya kecil jika kita meniru dengan persis kalimat atau paragraf yang poin - poinnya kita ambil.


2. Menggunakan Kutipan



       Jika ide yang akan kita ambil dari suatu buku hanya sedikit kita bisa saja mengambil phrase ataupun kalimat secara utuh dari sumbernya. Caranya cukup mudah yaitu dengan meletakan tanda quote "..." di awal dan juga akhir kalimat ataupun phrase seperti yang ada pada gambar! 
Untuk lebih lengkapnya kunjungi : Quotation


3. Paraphrase 
     
     Pharaphrase?? Mungkin kita tidak asing lagi dengan kata ini. Paraphrase adalah tindakan mengungkapkan ataupun menyampaikan kembali informasi ataupun ide yang diperoleh dari suatu bacaan dengan kata - kata kita sendiri.

    Anda juga bisa mengunjungi untuk mendapatkan informasi seputar pharaphrase : Pharaphrase Bro! Copas Mah Kuno!



4. Manfaatkan websites pendeteksi plagiarism

     Sulit rasanya jika kita mendeteksi plagiarism pada hasil pekerjaan kita jika dilakukan secara manual. Karena kita bisa saja lupa apakah kita menuliskan suatu kalimat atau paragraf secara paraphrase atau tidak. Maka dari itu, kita bisa cek hasil pekerjaan kita di beberapa websites ini:

Plagiarism Checker
PlagTracker
PlagScan
NoPlag


         Cukup upload pekerjaan kita, kemudian klik Check Plagiarism maupun Start Analysis atau yang lainnya.  Setelah itu kita dapat mengetahui hasilnya berupa presentase dari plagiarism dalam pekerjaan kita tadi.


Baca Juga :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Feel free to leave your comments!