16 Maret 2016

Hal Yang Bisa Dilakukan Ketika "Unexpected Things" Terjadi

     Dalam kehidupan ini tidak semua hal akan berjalan mulus sesuai apa yang kita rencanakan atau kita ingikan. Pasti selalu ada - ada saja hal aneh bahkan hal - hal yang tidak diharapkan tiba - tiba menimpa. Kabar buruknya adalah kebanyakan dari justru sering tidak tepat dalam mengambil tindakan dalam menghadapi masalah tersebut. Untuk itu berikut ini ada beberapa hal yang bisa dilakukan ketika Unexpected Things (hal - hal yang tidak diharapkan) terjadi:


1. Tetap Tenang



meme, lucu, baru


      Kunci utama ketika menghadapi masalah yang muncul tiba - tiba adalah ketenangan. Mungkin banyak yang bilang "Haa? Tenang? Teori itu gampang prakteknya susah" baiklah tak apa. Sekarang pertanyaannya begini, apakah jika kita merasa panik akan sesuatu yang tiba-tiba terjadi atau telah terjadi keadaan akan menjadi lebih baik? Tentu saja jawabannya tidak. Satu lagi, lalu jika kita bisa tenang apakah keadaan akan menjadi lebih baik? Kemungkinan jawaban dari pertanyaan ini ada dua, yaitu 'tidak' dan 'iya'. Tidak, karena bisa saja keadaan saat itu tidak berubah, dan Iya karena untuk selanjutnya kita bisa lebih berhati - hati lagi.
Contoh:
Suatu ketika kita sedang bepergian, tiba-tiba kita sadar bahwa salah satu barang berharga kita hilang. Tetaplah tenang, dan kita bisa mencari di tas atau kantung lainnya siapa tahu hanya lupa menyimpannya di mana. Atau kemungkinan terburuknya yaitu dicuri orang misalnya. Mungkin saat itu keadaan tidak akan membaik tetapi setidaknya di waktu yang akan datang kita bisa mencegah hal serupa terjadi. Mungkin dengan menyimpan benda tersebut di tempat yang lebih aman, ataupun meninggalkannya dirumah saja.




2. Senyum



meme, lucu, baru


     Ketika kita sedang merasa tertekan bahkan merasa panik, cobalah untuk tersenyum dengan tulus. Karena dengan kita tersenyum tubuh akan memproduksi endorphin, yaitu hormon pereda stress tiga kali lebih banyak. Otomatis kita akan menjadi lebih tenang dari sebelumnya. Sehingga kita akan berfikir lebih jernih dalam mencari jalan keluar dari masalah yang tiba - tiba datang.
Atau baca juga : Cara Sederhana Kurangi Stress




3. Sadari Bahwa Manusia Tak Ada Yang Sempurna



meme, lucu, baru


 "Nobody's perfect"!! Yap benar sekali jika di dunia ini memang tak ada manusia yang sempurna. Jika kita menyadari bahwa diri kita ini jauh dari sempurna, kita tidak akan pernah mengejar kesempurnaan. Kita hanya akan berusaha untuk melakukan yang terbaik semampu kita. Jadi ketika suatu hal yang tidak diharapkan terjadi kita tidak perlu malu, bingung, ataupun menjadi badmood. Yang perlu kita lakukan hanyalah menghadapinya saja.




4. Jadikan Pembelajaran Bukan Penyesalan


meme, lucu, baru



      Kita tidak perlu menyesal, kecewa ataupun baper ketika hal yang tidak diharapkan tiba - tiba terjadi. Hal itu terjadi untuk menguatkan mental kita dan membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik. Selain itu kita bisa ambil hikmah dari hal tersebut karena semua hal yang terjadi di dunia ini pasti ada hikmahnya.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Feel free to leave your comments!