17 Maret 2016

Sebab Umum Mengapa Seseorang Tidak Sukses Belajar Bahasa Inggris


       Banyak orang yang bilang bahwa menguasai Bahsa Inggris akan mendatangkan berbagai keuntungan. Oleh karena itu mereka memutuskan untuk belajar Bahasa Inggris. Namun sayangnya banyak orang akhirnya berhenti ditengah jalan alias gagal. Beberapa penyebab umumnya adalah sebagai berikut :


a. Tidak memiliki goal yang jelas


meme, motivasi, lucu, unik


      Sama halnya ketika kita mengirim surat namun alamat tujuan yang kita tuliskan tidak jelas. Ya pastinya surat tersebut tidak akan sampai tujuan dan akan dikembalikan kepada kita. Begitu juga saat belajar Bahasa Inggris. Jika kita tidak memiliki tujuan ataupun goal yang jelas, kita hanya akan menghabiskan waktu saja, dan kemampuan kita juga akan tetap begitu - begitu saja tidak ada perkembangan. Oleh karena itu kita harus menentukan goal setiap kali kita belajar. Entah di tempat kursus, ataupun belajar sendiri. Misalnya begini, hari ini saya belajar mengenai Simple Present Tense berarti goal saya adalah benar - benar menguasai Simple Present Tense. Jika saya belum paham mengenai materi itu saya tidak boleh pindah ke materi selanjutnya.
      Kita juga harus memiliki target dalam waktu sekian hari, minggu, ataupun bulan saya harus sudah menguasai ini, itu dan yang lainnya. Tapi ingat, jika target sudah ditetapkan kita harus berusaha menepatinya. Dengan begitu level Bahasa Inggris kita tentunya akan meningkat.


b. Tidak memiliki motivasi yang kuat 


lucu, unik, imut, meme, cantik


      Motivasi adalah salah satu faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan kita dalam belajar Bahasa Inggris. Semakin besar motivasi kita, maka semakin besar pula peluang kita untuk berhasil. Namun tidak semua orang memiliki motivasi yang stabil. Terkadang atau bahkan sering kali motivasi kita naik turun. Mungkin motivasi kita begitu menggebu - gebu di awal ketika mulai belajar Bahasa Inggris. Namun di pertengahan perjalanan atau bisa jadi masih juga diawal perjalanan motivasi kita menurun karena kita mulai menemui kesulitan. Salah satu cara mengatasinya adalah dekatkanlah diri kita dengan teman ataupun orang - orang dengan gial yang sama. Karena cara tersebut dapat menumbuhkan jiwa berkompetisi yang positif. Selain itu kita bisa menyemangati satu sama lain jika salah satu dari kita mengalami kesulitan.


c. Tidak punya uang 


meme, lucu, uang, rupiah

     Banyak lho yang berkata seperti ini "Pengen bisa Bahasa Inggris, tapi kalo kursus biayanya mahal, aku ga punya uang!!" Sebenarnya ini alasan yang paling basi, mengingat belajar bahasa inggris bisa dilakukan secara gratis karena sumbernya tersedia dimana - mana. Misal BBC Learning english, ABC Australia dsb. Website tersebut menyediakan banyak mp3 beserta transkripnya yang bisa di download secara gratis untuk melatih kemampuan mendengarkan kita. Tak hanya itu, masih banyak sekali website yang menyediakan materi Bahasa Inggris yang bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan masing  - masing skill berbahasa mulai dari listening, speaking, reading dan writing. Jadi, tidak punya uang bukanlah suatu alasan gagal untuk belajar dan menguasai Bahasa Inggris.



d. Tidak merasa pandai dalam bidang 'Bahasa' 


stupid, bodoh, lucu, meme, unik


        Tak ada orang di dunia ini yang begitu dilahirkan langsung pandai. Semua perlu proses, dan tahapan - tahapan. Tak perlu berkecil hati krtika melihat progres teman kita dalam belajar Bahasa Inggris lebih bagus dibanding kita. Yang terpenting adalah kita harus terus berusaha. Jika perlu, tanyakan pada teman kita yang progresnya bagus mengenai cara dia belajar. Siapa tau kita cocok dengan cara dia belajar dan dapat menirunya.



e. Takut jika melakukan kesalahan



       "Aku malu, aku takut salah, khawatir ditertawakan orang lain, takut ini, takut itu blablabla...." Aduh duh apa apaan itu? Kenapa harus takut? Kenapa harus malu? Namanya juga proses belajar, pastinya kita akan melakukan banyak kesalahan. Kita ambil satu contoh dari anak - anak yang belajar jalan. Apakah dia langsung bisa berjalan dengan lancar saat pertama kali mencobanya? Tentu saja tidak. Mereka harus jatuh berkali - kali, lutut mereka harus lecet dan mereka harus merasakan sakit. Selain itu saya juga belum pernah dengar bahwa orang dipenjara atau dipidanakan karena membuat kesalahan dalam belajar Bahasa Inggris hehehe. Jadi santai saja, ok??!






Baca Juga :






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Feel free to leave your comments!