03 April 2016

Aktivitas Banyak & Sering Keteteran? Terapkan Saja Cara-cara Ini



lelah, sibuk, capai, keteteran, ribet, lucu, malas


       Semakin kita beranjak dewasa, semakin banyak urusan ataupun hal yang harus dilakukan untuk memenuhi kebutuhan. Sering kali kita mengalami yang namanya keteteran. Misal di pagi hari kita harus kuliah / kerja / mengantar anak. Saat siang hari kita harus menjemput anak / rapat / bertemu mitra kerja dsb. Ketika sore misal kita harus menghadiri acara resepsi dsb. 

     Berikut ini ada beberapa cara yang muungkin bisa anda terapkan, untuk setidaknya mengurangi tingkat keteteran kita dalam membagi waktu menjalani aktifitas setiap harinya.



Buat Catatan

     Mungkin banyak sekali acara ataupun kegiatan yang akan kita lakukan dalam satu hari. Karena banyanya kegiatan yang akan dilakukan, kita biasanya cenderung mudah lupa. Kita bisa menggunakan buku agenda untuk mencatat kegiatan ataupun schedule kita di hari yang akan datang. Jika dirasa terlalu repot karena harus membawa buku agenda kemana-mana, kita juga bisa menggunakan aplikasi pada ponsel yang dapat digunakan untuk mencatat kegiatan harian kita. Dengan melakukan hal itu, di hari sebelumnya kita bisa memperkirakan seberapa sibuk kita dihari selanjutnya dan kita dapat mempersiapkan mental untuk menghadapinya.





Prioritaskan Hal Yang Penting / Yang Dekat Deadline

     Dahulukan hal yang paling penting. Pilah-pilah acara atau semua kegiatan penting. Setelah itu catat kegiatan tersebut diurutan yang teratas agar kita bisa tau mana yang harus diprioritaskan. Selain itu, jika sekiranya ada acara yang tidak begitu penting dan bisa ditinggalkan maka tidak perlu dilakukan. Dengan begitu kita bisa menghemat energi dan tidak akan terlalu lelah.



Pengalokasian Waktu

     Cara selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengalokasikan waktu. Setelah daftar kegiatan dibuat dan diurutkan prioritasnya, perkirakan juga waktu yang akan dihabiskan untuk kegiatan itu. Mungkin kita tidak tau waktu yang akan dihabiskan dalam sebuah pertemuan seperti rapat misalnya. Paling tidak kita bisa mengira-ira seberapa lama kegiatan itu berlangsung. Dengan begitu waktu yang kita miliki akan terbagi dengan efektif.



Fokus dan Disiplin 

     Fokus pada hal yang sedang dikerjakan. Jangan memikirkan hal lain jika sedang melakukan kegiatan atau tugas teresebut. Karena jika kita tidak fokus, pekerjaan yang kita lakukan pastinya tidak akan selesai dengan baik. Jika sudah begitu tentunya kita perlu waktu lebih banyak untuk memperbaikinya. Tentunya hal tersebut membuat waktu yang kita miliki untuk melakukan hal lain semakin berkurang. 
     Usahakan kegiatan yang sedang dilakukan setidaknya selesai tepat waktu, dan jangan sampai waktunya molor. Jika bisa diusahakan selesaikan kegiatan tersebut dengan lebih cepat. Kemudian jika masih memiliki sisa waktu, jangan gunakan untuk bersantai dahulu. Gunakan sisa waktu yang ada untuk mengerjakan tugas/kegiatan lainnya. Sehingga kegiatan ataupun tugas yang kita miliki semuanya dapat selesai lebih cepat dan kita pun akan merasa lega.



Hindari Panik

      Jangan panik ketika mengerjakan sesuatu. Sesungguhnya panik itu membuat kita sulit untuk berfikir jernih dan membuat kita lebih lambat dalam melakukan sesuatu. Panik juga bisa membuat kita secara tidak sadar melakukan kesalahan. Selain itu panik membuat kita dua kali lebih cepat lelah. Yang terpenting adalah hadapi dan lakukan saja kegiatan/tugas yang harus dilakukan. Yakinkan diri kita bahwa kita pasti bisa menyelesaikan tugas/kegiatan ini lebih cepat.






Baca Juga :




Spesial Meme :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Feel free to leave your comments!