13 Januari 2016

Cara Efektif Membuat Catatan Dari Sebuah Perkuliahan

        Hai readers? Kali ini saya akan berbagi tips cara membuat catatan. Beberapa tips ini saya peroleh ketika membaca buku 'Studying English Literature: A Practical Guide' karya Tory Young yang terbit pada tahun 2008. Tips ini mungkin akan sangat berguna bagi pembaca yang baru saja menjadi maba (mahasiswa baru), mengingat karena sistem perkuliahan dengan penjelasan materi ketika di sekolah dulu sangatlah berbeda.
         Baiklah, kita mulai. Hal pertama yang harus dilakukan adalah:




1. Cari tahu topik apa yang akan dibahas diperkuliahan tersebut.

      Nah, dengan mengetahui topik dari perkuliahan tersebut, diharapkan kita nantinya akan lebih mudah dalam mencari referensi lain ataupun materi pendukung lain untuk melengkapi informasi yang diperoleh dari perkuliahan tersebut. Sebab berdasarkan pengalaman saya, dosen hanya akan memberikan pokok - pokok penting dari materi tersebut. Selebihnya kita harus mencarinya secara mandiri.



2. Pastikan kita siap dengan kertas dan pena ataupun perekam suara jika memungkinkan.

      Ini adalah salah satu poin yang cukup penting. Disinilah kemampuan kita dalam berkonsentrasi dan kecepatan menulis kita diuji. Kita harus berkonsentrasi mengingat segala informasi penting yang disampaikan dosen, kemudian mencatatnya dengan cepat. Contoh, semua akan percuma saja jika kita mempunyai daya konsentrasi yang baik namun kecepatan menulis kita rendah, karena pasti kita akan ketinggalan informasi. Bisa juga informasi yang kita catat tidak terangkum dengan baik. Begitupun sebaliknya, walaupun kecepatan menulis kita sangatlah baik tapi jika konsentrasi kita mudah buyar, catatan kita pastinya juga akan kacau hasilnya.
Lain lagi ceritanya jika menggunakan perekam suara. Kita tinggal mendengarkan dan memperhatikan penjelasan dosen tanpa sibuk mencatat berbagai hal penting. Sebab kita dapat mendengarkan kembali isi perkuliahan tersebut dilain waktu. Namun tidak semua perkuliahan mungkin untuk direkam. Berdasarkan pengalaman, hanya perkuliahan di kelas kecil saja kita dapat menerapkan hal itu. Sebab di kelas besar suara di sekitar kelas terdengar terlalu bising, dan jika direkam hasil dari rekamannya menjadi tidak jernih.


3. Kembangkan sistem penggunaan singkatan.

      Hal ini dapat membantu meningkatan kecepatan menulis kita. Kita tidak harus menggunakan singkatan yang umum misalnya kata 'karena' harus diaingkat menjadi 'krn'. Kita bisa menembangkan singkatan seauai keinginan kita. Misal jika penyingkatan kata 'karena' menjadi 'krn' masih dianggap terlalu panjang, bisa saja kita menggantinya dengan 'kr'. Atau kita juga bisa membuat simbol kita sendiri mewakili kata - kata tertentu.

      Nah, demikian beberapa hal yang bisa saya bagikan. Untuk mengetahui versi lengkapnya silahkan baca sendiri bukunya ya hehehe. Sekian dulu, terimakasih :D





BACA JUGA :
Langkah-langkah Yang Perlu Dilakukan Untuk Menulis Essay
Pentingnya Belajar English Pronunciation
Meme Gila

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Feel free to leave your comments!